Tibyan Kaos Distro Muslim

Sejarah Rakutak Kaos Bandung

Berdirinya kaos Rakutak diawali dari rasa penasaran Amir Fauzi saat siswa-siswa Sekolah Sablon yang didirikannya sejak 2010 menanyakan kaos oleh-olah khas Bandung. Memang ironi, saat disatu sisi Bandung adalah ibukota kaos Indonesia, disisi lain justru sulit mendapatkan kaos khas Bandung.

Mungkin, kondisi ini dikarenakan Bandung merupakan kotra metropolis dimana didalamnya ada pabrik tekstil dan garmen sibuk melayani pesanan kaos di berbagai wilayah di Indonesia. Dan karena itu, menyebabkan sedikit sekali pelaku usaha kaos yang mencoba menggali kaos oleh-oleh Bandung.

Amir, sebelum telah memiliki usaha kaos, mulai dari jasa sablon www.jasasablon.com, Revolta www.revoltaclothing.com serta Sekolah Sablon www.sekolahsablon.com merasa terpanggil untuk ikut mengisi cerup pasar oleh-oleh kaos khas Bandung.

Sebagaimana diketahui, di beberapa kota telah eksis kaos oleh-oleh, mulai dari Bali, Jogja, Surabaya dan beberapa tempat lainnya, sangat disayangkan kalau Bandung sebagai pusat industry kaos justru tertinggal untuk jenis kaos yang satu ini.

Dengan spirit brand-brad kaos lainnya, akhirnya Amir mendirikan brand kaos local bandung dengan tema retro atau jadul dengan brand Rakutak www.rakutak.com pada bulan Juni 2013, Harapannya brand baru ini mampu mengisi celah yang sebelumnya belum banyak digarap pelaku usaha Bandung.

Rakutak mengambil tema retro atau jadul. Tema ini sengaja diangkat, karena memang Bandung cukup kaya akan sejarah dan budaya. Amir ingin dengan mengangkat tema-tema tradisi ini juga mampu mengangkat budaya Bandung yang adi luhung.

Dalam hal pemasaran, Amir memulai dari pemasaran via online, hal ini sejalan dengan usaha yang telah dijalankan sebelumnya. Kedepan, jika respon pasar positif, akan mengembangkan kedalam lini produk  dengan aneka macam cendera mata khas Bandung.

Untuk desain dan proses produksi Rakutak, dilakukan secara swakelola di workshop Jasa Sablon. Bisnis kreatifitas bisa dimulai darimana saja, demikian kata Amir.


Bandung, I’m Coming
www.rakutak.com
“Rakutak Jadul, Bandung Keren”

image : devianart.com

0 komentar: