Tibyan Kaos Distro Muslim

Bisnis Kaos adalah Bisnis Kreatif

Apa bedanya bisnis kaos dengan bisnis fashion lainnya. Bedanya adalah, untuk bisnis fashion umumnya berfokus pada mode pakainnya, namun kalau di bisnis kaos, bentuk kaosnya itu-itu saja, namun bentuk desain atau gambarnya yang berbeda.

Dari sini disimpulkan, bahwa bisnis kaos pada dasarnya dalah bisnis desain atau gambar. Karena orang mencari kaos pertama yang dilihat adalah desainnya, sedangkan untuk ukuran dan warna adalah factor berikutnya.

Oleh karena itu, yang didorong kreatifitasnya bukan ada di pola kaos, namun lebih kepada desain kaos itu sendiri.

Karena kunci bisnis kaos oblong ini adalah desain, maka kunci utama dalam industry desain ada di kreatifitas. Jadi api dari pabrik kaos ada diproses kreatifitas.

Berikutnya, bagaimana agar desain bisa memenuhi keinginan pelanggan. Tema ini menjadi sangat penting bagi setiap desainer kaos. Banyak sekali desain yang sangat bagus, namun tidak laku dipasaran. Nah disinilah desainer harus benar-benar menyelami apa keinginan pelanggan. Jika tidak, maka kaos hasil produksi akan menumpuk digudang.

Belajar dari kesuksesan brand brand terkenal, salah satu kuncinya adalah konsep atau karakter. Konsep disini adalah tentang tema apa yang dipilih dalam brand tersebut, dan kemudian bagaimana membangun brand tersebut menjadi kuat.

Sebagai contoh, dagadu konsepnya adalah kaos plesetan, jogger konsepnya adalah kaos kata-kata, dan brand-brand lainnya.

Dalam membangun brand, tidak ada yang instan, semua perlu proses. Brand besar lahir tidak dalam semalam, namun dibangun secara konsisten siang malam. Oleh karena itu, perlu sekali konsep diawal mendirikan sebuah clothing dan memegang konsep tersebut dan membesarkannya tanpa harus terpecah fokusnya. Selamat berbisnis kaos.


Amir Fauzi
CEO Rakutak Kaos Bandung

image : devianart.com

0 komentar: